Friday, 7 November 2014

Pembebasan Visa

Friday, 7 November 2014
Saya cukup awam soal ginian. Tapi rasanya sedih sekali pas denger berita pembebasan visa untuk 5 negara. Bukan apa-apa sih, saya tahu banget negara ini butuh pemasukan yang salah satunya dari sektor pariwisata. Saya berasa sedih dan menyayangkan ini karena merasa semakin minor aja. Visa on Arrival aja udah bikin saya ngerasa minor, apalagi kalau dibebasin :(.

Alasan paling egois adalah yaa kita taulah gimana "derita" WNI ngurus visa buat ke sana. Tahu sendiri lah gimana repotnya ngurus visa dengan standar-standar mereka. Udahlah lebih mahal biaya visa, tiket PP, dokumen seabrek anu inu, (secara nggak langsung) pake minimal tabungan pula eerrr. Mungkin biaya ngurus visa mereka emang nggak seberapa, tapi anu inu blablabla itu yang suka bikin jiper keder duluan. Trus ini mereka mau gampang aja ke sini, gitu? Ahhhh, aku kok nggak relaaaa...

Alasan lain, masih pakai visa aja kita sering banget kecolongan. Dari yang overstay sampai narkoba. Apa kabar nanti? Sudah siapkah dengan drama-drama begini? Beneran siap? Seriusan siap? :(

Alasan berikutnya, kayaknya nggak logis banget ya kalau si visa sebesar 25 dolar itu dianggap memberatkan dan menghalangi pelancong untuk "buang-buang" banyak duit di sini. Kalau ngeluarin duit segitu aja berat, berarti nggak siap dong liburan di sini, yang mana semua-juga-tahu kalau wisata di Indonesia itu nggak bisa dibilang wisata murah (kalau murah sih udah dari kapan juga goler-goler nyungsep pasir putih di derawan hiks #curhats). Trus kalau segitu aja berat, berarti nggak siap duit cukup donk. Trus kalau nggak punya duit cukup, jangan-jangan nanti anuuu... Jangan-jangan nanti inuuu... Iyaa, saya emang sukanya drama. Tapi ngebayangin drama ada yang nggak bawa cukup duit trus ngedeprok di sini tuh beneran serem, tau! Urusan dalam soal ginian aja bikin pusing, ini kalau nanti kejadian bener ada tambahan dari luar pegimanaaa? Drama dedeprokan aja serem, gimana kalau yang "lain-lain"?? Huhuhuhu T__T.

Seenggaknya mbok yaa pembebasan visa mereka itu barengan lah sama pembebasan visa buat WNI gitu lah. Jadi samaan gitulah. Saya cuma berharap (dan berdoa, sungguh-sungguh berdoa), kalau pun ini beneran kejadian nantinya, pemerintah sudah bener-bener siap. Siap dalam arti apapun. Siap dengan segala drama-dramaan. Siap bertindak tegas untuk setiap pelanggaran. Siap melindungi kearifan lokal beserta segala imbas terhadap masyarakat-masyarakat kita (bukan soal pemasukan lho ya... if u know what i mean). Dan siap serta berani untuk kembali memberlakukan visa sewaktu-waktu, jika ternyata keputusan pembebasan visa ini berdampak nggak oke. Pokoknya siap semuanya lah! *amiinnn~* :)

No comments:

Post a Comment

THE SWEET-ART LIFE © 2014